IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Tips Trik Fotografi Untuk Pemula dengan Kamera Mirrorless

Bagi Anda yang ingin belajar fotografi, sebaiknya tahu tips trik menggunakan kamera mirrorless bagi pemula yang bermanfaat berikut ini.

Sebagai pemula yang mungkin menganggap kamera DSLR sebagai pilihan, Anda mungkin harus tahu dulu mengenai kamera mirrorless. Ya, jenis kamera ini semakin populer sehingga Anda bakal ketinggalan jaman jika tidak tahu cara menggunakan kamera satu ini. Apa perbedaan antara kamera mirrorless dengan DSLR? Yuk, simak tips trik fotografi untuk pemula menggunakan kamera mirrorless berikut ini.

 


1. Mengenali perbedaan antara kamera mirrorless dan DSLR

Perbedaan kamera mirrorless dan DSLR terletak pada ukuran. Ya, kamera mirrorless memiliki ukuran mini sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Anda yang ingin melakukan pemotretan diam-diam, bisa memilih jenis kamera mirrorless. Kamera mirrorless tidak memiliki cermin sehingga membuat fokus lebih mudah dan tidak ada getaran saat mengambil foto. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa kamera ini menggunakan viewfinder elektronik yang bermakna hasil akhir foto terlihat dari lensa sejak pertama.

 

2. Selalu membawa baterai cadangan

Tips trik fotografi untuk pemula adalah praktik. Ya, Anda bisa belajar di mana saja menggunakan kamera kecil ini. Namun, ada baiknya selalu membawa baterai cadangan. Pasalnya, ukuran kamera yang kecil sensor dan fokus yang tinggi, viewfinder elektronik dan stabilizer pada kamera ini memiliki daya cukup besar. Secara perlahan, Anda akan bisa mengetahui hasil foto dengan bereksperimen mengatur Apperture, Shutter Speed, ISO dan lain-lain.

 

3.Menggunakan hand strap

Dibandingkan Anda menggunakan gantungan leher yang mudah buat pegal, sebaiknya pilih hand strap yang lebih cocok untuk mirrorless. Menggunakan hand strap untuk menjaga agar kamera tidak jatuh dan rusak.
Mengambil foto dengan perlahan

 

Tips trik fotografi untuk pemula adalah mempraktikkan setiap ilmu yang dipelajari dengan baik. Berbeda dengan kamera DSLR yang canggih, kamera mirrorless membutuhkan ketekunan melakukan pemotretan. Pasalnya, mirrorless cukup lambat mengambil jepretan alias tidak secepat DSLR. Agar hasil foto bisa maksimal dan tidak blur, perlu kesabaran mendapatkan angle foto terbaik sebelum melakukan bidikan yang tepat. 

Lakukan praktik rutin setiap saat untuk memahami kamera mirrorless Anda berinteraksi dengan latar atau objek yang Anda ambil. Tips trik fotografi untuk pemula di atas hanya langkah sederhana sebelum belajar lebih banyak. Siapa tahu hasil jepretan kamera mirrorless Anda tak kalah dengan hasil kamera DSLR lho!

 

 

Blog Lainnya