IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur yang Jarang Orang Tahu

Anda  tentu sering mendengar istilah boleh dalam fotografi. Banyak orang mengidentikan foto bokeh dengan istilah foto blur. Namun sebenarnya foto boleh fan foto blur adalah dua foto yang berbeda. Dalam fotografi istilah bokeh memang berasal dari bahasa Jepang dari kata 'boke' yang artinya buram, bias atau mengaburkan.

Dalam dunia fotografi boleh merupakan area yang tidak terkena cahaya dalam arti lain foto yang out of focus, artinya area dalam foto dengan keterbatasan lensa sehingga  area dalam foto kekurangan cahaya dan menjadi bias. Foto boleh sendiri mempunyai nilai estetika yang tinggi. Hasil dari foto boleh menjadi unik dan menarik. Bermula dari ketidaksengajaan, foto boleh menjadi foto yang diminati oleh pecinta foto.

Terdapat perbedaan bokeh dan blur. Untuk menghasilkan foto bokeh maka diperlukan kamera khusus yang mempunyai bukaan lensa tertentu. Bukaan lensa atau apeture mempunyai peran penting dalam membuat foto bokeh. Bokeh yang dihasilkan akan tergantung besar atau kecilnya bukaan iris lensa yang didapatkan yaitu dikenal dengan f number. Beberapa jenis f number diantaranya f/2.8, f/2, f/1,8 f/1,4. Semakin besar bukaan lensa semakin mendapat foto boleh yang dihasilkan. Sedangkan foto blur didapat dari semua kamera tidak memerlukan kamera khusus.

Selain dari bukaan lensa foto bokeh juga dipengaruhi oleh  zoom atau focal length lensa atau jarak antara bagian tengah optik lensa dengan gambar yang terbentuk pada sensor kamera. Semakin panjang focal lengket maka semakin dihasilkan foto bokeh.

Bokeh didapat dari perbedaan jarak dengan objek. Perbedaan bokeh dan blur yaitu apabila foto bokeh dipengaruhi  fokus dan jarak. Foto blur sama sekali tidak dipengaruhi dari jarak. Untuk mendapatkan foto bokeh maka mendektkan jarak objek terhadap lensa dan jarak objek terhadap background. Semakin jauh latar atau background terhadap objek maka foto akan semakin bokeh.

Foto blur adalah foto yang dihasilkan tidak fokus. Bukan hanya background atau latar belakang objek yang tidak fokus namun objek pada fotonya juga ikut bias.Foto blur bahkan dapat menghasilkan objek utama yang bias sementara latar belakang objek masih fokus.

Perbedaan bokeh dan blur lainnya yaitu foto blur dihasilkan dari gerakan yang cepat dari objek yang bergerak, misalnya orang yang bergerak atau hewan yang bergerak bertepatan saat kamera memotret. Foto blur dihasilkan dari ketidaksengajaan sedangkan foto bokeh dilakukan dengan sengaja untuk tujuan estetika, atau segi artistik. Foto bokeh bisa juga dilakuan dengan  sengaja membiaskan bagian latar belakang objek karena ingin mengaburkan latar yang kurang bagus. Foto bokeh semakin lama semakin banyak diminati sehingga banyak teknik yang dilakukan oleh pecinta fotografi.