IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Shutter Speed: Hasilkan Gambar Tajam dan Berkualitas

Ada beberapa istilah atau fitur yang wajib untuk Anda ketahui pada saat mengoperasikan kamera. Tentu saja tujuannya agar dapat mengoperasikan kamera dan memperoleh hasil tangkapan gambar yang berkualitas baik. Bagi Anda yang belum memahami secara jelas mengenai pengertian Shutter Speed pada kamera, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Shutter Speed Pada Kamera DSLR

Pada intinya, pengertian Shutter Speed pada kamera DSLR adalah kecepatan Rana pada kamera terbuka. Atau bisa dikatakan bahwa, shutter speed adalah rentang waktu pada saat Anda memencet tombol shutter, hingga tombol kembali pada posisi semula. Rana sendiri sangat berkaitan erat dengan jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera. Semakin cepat Anda mengatur shutter speed-nya, maka Rana akan membuka dan menutup secara cepat.

Dengan cara ini, jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera menjadi lebih sedikit. Begitu pula sebaliknya, jika menggunakan kecepatan lambat pada shutter speed, maka jumlah cahaya masuk menjadi lebih besar. Hal ini dikarenakan proses terbukanya kamera menjadi sedikit lebih lama.

Berikut beberapa penerapan shutter speed pada pengambilan gambar:

  • Pengambilan Gambar yang Tajam

Untuk memperoleh hasil gambar yang tajam, gunakan shutter speed aman dengan ukuran 1/60 atau lebih cepat dari 1/60. Dengan model shutter speed seperti ini, foto yang dihasilkan lebih tajam dan tidak berbayang/blur. Untuk memudahkan mempergunakan mode ini, Anda bisa menyiasatinya dengan memakai tripod. Penggunaan tripod sendiri berfungsi untuk meminimalisir guncangan.

 

  • Gunakan Batas Aman Shutter Speed

Agar batas aman dapat terpenuhi, shutter speed yang Anda pilih haruslah lebih besar ketimbang panjang lensa yang digunakan. Misalnya Anda menggunakan lensa 17mm, maka shutter speed yang dipakai adalah 1/30 detik.

 

  • Penerapan shutter speed selanjutnya pada kamera adalah untuk membelikan gerakan dari objek foto. Semakin cepat sebuah objek gambar bergerak, maka shutter speed yang digunakan juga harus lebih cepat. Tujuannya agar gambar yang dihasilkan tidak blur dan goyang.

Demikianlah pengertian shutter speed pada kamera DSLR dan beberapa penerapannya yang bisa Anda gunakan pada saat mengambil gambar dari objek foto. Selamat bereksperimen, ya!

 

 

WA        : IFRAME PALAGAN

              IFRAME  GAMPING

                IFRAME  JOGOKARIYAN

ALAMAT: IFRAME PALAGAN

            IFRAME  GAMPING

            IFRAME  JOGOKARIYAN

Blog Lainnya