IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Pahami dengan Baik Pengertian Shutter Speed pada Kamera

Terkait dengan pengertian shutter speed pada kamera bisa jadi hal ini kurang dipahami bagi banyak orang yang tidak terlalu paham dengan seluk beluk dunia fotografi. Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan shutter speed dan apa pengaruhnya dengan hasil jepretan yang didapatkan melalui pengaplikasian fitur shutter speed pada kamera? Berikut ulasan singkat terkait hal tersebut.

Apa Itu Shutter Speed?

Kaitannya dengan pengertian shutter speed pada kamera disebutkan bahwa shutter speed pada umumnya merupakan kecepatan dari bukaan sensor kamera yang diposisikan pada obyek yang dibidik. Dengan kata lain, shutter speed dianggap sebagai jangka waktu yang nantinya dibutuhkan oleh kamera untuk menangkap obyek yang nantinya akan difoto.

Selain itu, disebutkan dalam pengertian shutter speed pada kamera bahwa dalam proses pembuatan foto dengan memanfaatkan kamera DSLR, tentunya Anda juga harus memperhatikan penggunaan shutter speed. Sebagai contoh, jika Anda ingin menangkan sebuah obyek yang bergerak dengan cepat, tentu saja Anda harus memperhatikan pengaturan pada high shutter speed yang diatur sedemikian rupa dalam melakukan perekaman atas pergerakan benda tersebut.

Sedangkan jika Anda ingin memotret benda yang posisinya diam, maka terkait dengan pengertian shutter speed pada kamera, untuk pengaturan shutter speed diposisikan pada low. Dengan menerapkan cara ini, maka Anda akan mendapatkan detail yang sangat tajam dari obyek yang sedang difoto. Namun demikian, ada teknik memotret yang menggunakan mode low shutter speed pada benda yang bergerak demi mendapatkan hasil jepretan yang halus seperti hanya memfoto air terjun.

 

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan High Shutter Speed?

Mengenai pengertian shutter speed pada kamera tentu saja ada berbagai kelebihan dan juga kekurangan yang memang perlu diketahui oleh fotografer. Dalam hal ini, ketika Anda menggunakan high shutter speed, nantinya Anda akan mendapatkan detail gambar yang sangat maksimal atas obyek yang bergerak. Sebagai contoh memotret daun yang jatuh ataupun juga memotret burung yang akan hinggap pada ranting.

Sayangnya, untuk shutter speed yang tinggi tidak bisa digunakan pada kondisi latar belakang yang gelap atau kurang cahaya. Hal ini disebabkan oleh adanya bukaan yang cukup lebar sehingga menjadikan jumlah cahaya yang masuk berlebihan dan menyebabkan gambar yang dihasilkan blur.

 

Apa Kekurangan dari Low Shutter Speed?

Untuk Anda yang ingin memotret obyek yang diam atau pada kondisi gelap, maka Anda bisa menggunakan low shutter speed. Pemanfaatan low shutter speed itu sendiri akan menghasilkan hasil jepretan yang sangat detail. Tanpa mengabaikan pengertian shutter speed pada kamera, low shutter speed sangat tidak cocok untuk digunakan memotret benda yang bergerak cepat.

Fitur dari shutter speed pada hakikatnya hanya bisa didapatkan di kamera DSLR yang sering kali digunakan oleh para fotografer profesional ataupun pemula dalam membidik obyek yang akan difoto. Untuk Anda yang memang ingin praktik lebih dalam dengan memanfaatkan shutter speed, Anda bisa sewa DSLR Jogja yang akan memberikan kemudahan dalam mengasah kemampuan fotografi. Dengan rental kamera Jogja ini pula, Anda akan bisa mendapatkan hasil jepretan yang menakjubkan.