IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Mengembalikan Foto Terhapus dari Memory Card

Foto kamu terhapus? Jangan sedih dong! Kamu bisa mempraktekkan cara mengembalikan foto terhapus dari memory card ini untuk menyelamatkan file berhargamu!

Saat ini, memory card adalah tempat penyimpanan utama dari sebuah kamera. Media penyimpanan ini memiliki segudang keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya, yakni negatif film. Salah satunya adalah kemudahan untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card.

Kejadian terhapusnya foto dari memory card ini, meski sangat menyebalkan, namun sebenarnya sangat sering terjadi. Sudah banyak memotret, banyak mendapat gambar yang diinginkan, tapi tanpa sengaja, jari kita menekan tombol yang salah. Alhasil semua foto kita hilang begitu saja. Kalau ini sampai terjadi pada diri kamu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah tetap tenang.

Hal kedua yang mesti kamu camkan di dalam pikiranmu bahwa selama data di dalam memory card tidak bertumpuk atau overwrite oleh file yang lain, maka file ini akan baik-baik saja. Jadi, kalau ada file yang hilang, langsung matikan kamera dan keluarkan memory card-nya.

Cara Mudah Mengembalikan Foto Terhapus dari Memory Card

Cara ini sebenarnya bisa digunakan untuk mengembalikan data apapun di dalam memory card. Foto, video, dokumen aplikasi dan lain-lain. Alat-alat yang perlu disiapkan adalah komputer dan jaringan internet, karena kita akan mengunduh beberapa software untuk melakukanya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Cara mengembalikan file yang terhapus di memory card kamera dengan program EaseUS Data Recovery

  • Install software EaseUS Data Recovery dari website resmi mereka di sini https://www.easeus.com/datarecoverywizard/free-data-recovery-software.htm
  • Sambungan antara komputer dengan kamera. Kamu juga bisa memasukkan memory card ke dalam laptop kalau ada slotnya.
  • Pilih drive atau memory card yang akan di scan
  • Lakukan Scan
  • Setelah proses scan selesai, pilih file yang terhapus dari memory card tadi
  1. Cara mengembalikan file yang terhapus di memory card HP dengan program Recuva

Software ini terkenal cukup tangguh. Selain terbukti berhasil menyelamatkan banyak data, ukurannya juga relatif kecil. Recuva adalah pilihan untuk komputer yang tidak terlalu powerful. Berikut adalah cara menyelamatkan file yang terhapus menggunakan Recuva

  • Download software recuva di laman ini https://www.ccleaner.com › recuva
  • Cara mengembalikan file di sini cukup simpel. Ikuti saja perintah dari recuva
  • Pilih di drive mana yang file nya telah terhapus
  • Kemudian scan
  • Setelah menunggu beberapa saat, pilih file yang ingin dikembalikan
  1. Mengembalikan Foto Terhapus dari Memory Card dengan EaseUS MobiSaver

Sesuai dengan namanya, bia dua software di atas adalah software yang mesti diinstal ke dalam laptop atau komputer, ini adalah cara mengembalikan file yang terhapus di memory card android. Dan tak hanya file, software ini juga mampu untuk mengembalikan kontak, sms, video, sampai dengan log telepon yang terhapus.

  • Pertama, unduh software EaseUS MobiSaver melalui Google Play Store.
  • Ketika pertama kali membuka, aplikasi ini akan meminta akses untuk notifikasi. Izinkan.
  • Scan drive yang di mana data foto kamu hilang.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian pilih data yang ingin kamu selamatkan.

Catatan Ketika Mengembalikan Foto yang Hilang di Memory Card

Selain tiga cara di atas, masih banyak lagi jalan untuk menyelamatkan foto atau file apapun yang terhapus. Hanya saja, ada beberapa catatan yang ingin kami berikan disini, untuk menambah wawasan kamu akan recovery file digital.

  1. Scanning memakan waktu yang lama

Tergantung besarnya space yang kamu miliki, proses scan mungkin bisa memakan waktu beberapa menit atau beberapa jam. Beda software berarti beda kecepatan dalam mengembalikan file yang hilang.

  1. Tidak semua file ditemukan dalam keadaan baik

Seperti yang kami jelaskan di awal, bahwa file digital yang terhapus pada dasarnya bisa dikembalikan dengan baik asal tidak bertumpuk dengan file lain. Biasanya, file yang ditemukan kembali, tidak semuanya dalam kondisi baik. Ada kalanya file yang kamu inginkan malah rusak dan tidak bisa direcovery.

  1. Gunakan deep scan bila perlu

Selain rusak, kadang file yang kita cari malah nggak ada sama sekali. Kalau sudah seperti ini, gunakan fitur deep scan yang disediakan beberapa software, seperti recuva. Deep scan memungkinkan software ini untuk mencari lebih teliti dari file-file kita yang hilang. Dan tentu saja, proses pencarian akan jauh lebih memakan waktu.

Demikian beberapa jalan yang bisa kamu tempuh untuk mengembalikan foto trhapus dari memory card. tidak sulit bukan? Dan jangan lupa, bila kamu membutuhkan rental kamera, apapun tipenya, cek dulu di Iframe Rental ya. Saat ini Iframe sudah punya 3 cabang. Yakni IFrame Palagan (Pusat), IFrame Jogokariyan dan IFrame Kusumanegara.