IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Ketahui 5 Provinsi Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia

Halo iFriends… Apa kabar hari ini? Sudah kah ngopi hari ini? Yang belum ngopi, yuk ngopi dulu biar lebih fokus, hehe. Sedang beraktivitas apapun, mengerjakan tugas, menyelesaikan laporan, atau pun sedang duduk melamun jadi lebih nikmat apabila kita ditemani secangkir kopi. 

Ngomong-ngomong masalah perkopian, Indonesia sendiri merupakan negara yang dikenal sebagai penghasil kopi berkualitas di dunia dengan beragam jenis kopi yang dihasilkan. Hasil laporan dari International Coffee Organization, Indonesia menduduki peringkat keempat dunia pada tahun 2020 sebagai negara penghasil kopi terbanyak di dunia. 

Apakah iFriends tahu daerah mana saja sebagai penghasil kopi terbesar di Indonesia? Nah, mungkin saja kopi yang sering kita sedu tiap hari itu berasal dari daerah-daerah di Indonesia berikut ini. Dikutip dari goodnewsfromindonesia.id berikut ini 5 provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia.

1. Sumatera Selatan

Daerah Sumatera memang sejak dulu terkenal sebagai daerah penghasil kopi yang melimpah di Indonesia. Salah satu provinsi di daerah Sumatera yang punya perkebunan kopi paling luas adalah Sumatera Selatan. Luas kebun kopi di Sumatera Selatan mencapai 249.963 hektar yang mayoritas kepemilikannya adalah perkebunan rakyat. Jenis kopi robusta menjadi produk kopi unggulan di Sumatera Selatan. Perkebunan kopi akan banyak kamu jumpai di daerah Pagar Alam, Lahat, Muara Enim, dan Empat Lawang.

2. Lampung

Provinsi Lampung menduduki peringkat kedua sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Masih sama seperti di Sumatera Selatan, jenis kopi robusta juga menjadi produk populer disini. Perkebunan kopi di Lampung luasnya mencapai 156.836 hektar. Dengan perkebunan seluas itu, panennya mampu menghasilkan setara dengan 17,44 persen dari seluruh komoditas kopi di Indonesia.

3. Aceh

iFriends pasti tahu ya kopi Gayo? Atau sudah pernah merasakannya sendiri? Kopi Gayo merupakan kopi khas dari daerah Aceh. Kopi ini banyak digemari pecinta kopi baik dalam negeri maupun luar negeri. Kopi ini banyak tumbuh di dataran tinggi Gayo yang dikenal sebagai penghasil kopi berjenis arabika dengan kualitas yang unggul. Perkebunan kopi di Aceh luasnya tercatat mencapai 125.443 hektar. Selain Gayo, daerah lainnya yang menghasilkan kopi di Aceh ada Aceh Tengah, Takengon, dan Bener.

4. Sumatera Utara

Sumatera Utara juga merupakan daerah yang sangat berpengaruh dalam perkopian nusantara. Menyumbang 9,9 persen hasil kopi dari seluruh komoditas kopi di Indonesia. Perkebunan kopi di Sumatera Utara mencapai luas 95.263 hektar. Bisa kita jumpai daerah perkebunan kopi Sumatera Utara di kawasan Mandailing Natal atau Panyabungan. Salah satu jenis kopi yang khas dari Sumatera Utara adalah jenis arabika Sumatra Mandailing.

5. Jawa Timur

Di urutan ke lima ini merupakan daerah di pulau Jawa. Tepatnya adalah Provinsi Jawa Timur yang memiliki perkebunan kopi mencapai 89.894 hektar. Seperti yang kita tahu, daerah Jawa Timur didiami banyak gunung berapi. Diyakini abu vulkanik menyuburkan tanah disekitarnya. Wilayah Jawa Timur mampu menghasilkan 9,7 persen dari total komoditas kopi seluruh Indonesia.