IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Ini Bagian-Bagian Lensa Kamera DSLR yang Penting Untuk di Ketahui

Tidak dapat dielakkan jika dunia fotografi mulai dilirik oleh banyak kalangan. Tentunya hobby mengabadikan keindahan alam maupun moment menjadi mahal harganya sekaligus menyenangkan. Tidak terfokus kepada orang dewasa saja, nyatanya anak-anak maupun remaja juga gemar akan hobby yang satu ini. Selain menyenangkan, menjadi fotografer merupakan profesi yang cukup menjanjikan di era digital ini.

Bagi pemula, menggunakan kamera untuk pertama kali akan sedikit membingungkan karena begitu banyaknya tombol yang ada. Memang banyak perusahaan yang kian gencar membuat produk produk yang canggih kian trendi. Jadi wajar saja jika kamu akan kebingungan dalam hal memilih kamera.

Akan tetapi, bagi kamu yang baru awal menggunakan kamera ada baiknya kamu mencoba kamera DSLR atau mirrorless. Menggunakan kamera DSLR tentu tidak asal-asalan. Setidaknya kamu harus mengetahui, minimal meskipun hanya sedikit mengenai bagian-bagian lensa kamera agar tidak salah menggunakannya dan berakibat rusaknya kamera. Maka pada artikel ini kita akan membahas bagian-bagian kamera DSLR secara singkat.

 

Power Switch

Dalam teknologi elektronik khususnya, tombol power merupakan hal yang penting tidak hanya dalam hal android maupun laptop saja.  Fungsi dari tombol power switch ini tentunya untuk menghidupkan maupun mematikan kamera kamu. Dan tentunya setiap merek kamera memiliki peletakan yang berbeda-beda untuk tombol yang satu ini.

 

Tombol Shutter

Salah satu bagian-bagian lensa kamera selanjutnya ialah tombol shutter yang  fungsinya untuk mengambil gambar. Hampir disemua kamera peletakan tombol ini sama dan cara menggunakannya cukup menekan setengah tombol dengan jari telunjuk untuk memfokuskan objek dan setelah fokus baru tekan tombol shutter ini.

 

Command Dial

Commad dial ialah tombol yang berfungsi untuk mengatur cahaya ketika memotret, dimana cahaya ini dibagi menjadi tiga yakni shutter speed, diafragma juga ISO. Fungsi lainnya dari tombol ini ialah mengatur fungsi lainnya seperti white balanceatau exposure compensation.

 

Tombol ISO

ISO adalah bagian-bagian lensa kamera yang berfungsi sebagai pengatur intensitas cahaya yang akan masuk dalam kamera, hukumnya ialah semakin besar maka semakin banyak pula cahaya yang akan masuk. Cara menggunakannya cukup tekan dan putar command dial hingga kamu merasa ISO sudah tepat dan pas.

 

Tombol Aperture

Fungsi tombol ini jiga masih sama, untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Biasaya tombol ini hanya terdapat pada kamera modern entry-level saja. Jika pada kamera kondisi manual tombol ini berfungsi untuk mengatur bukaan atau diafragma pada lensa saja. Akan tetapi jika dalam keadaan auto tombol ini akan berfungsi untuk mengatur exposure compensation.

Demikian bagian-bagian lensa kamera yang dapat kita ulas dalam artikel ini. Bagaimana? Setidaknya kamu sudah mengetahui beberapa dari bagian lensa kamera bukan? Silahkan melanjutkan hobby kamu yang menakjubkan dan ciptakan karya terbaik!