IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR dengan Mudah

 

Cara mengetahui shutter count kamera DSLR sebenarnya mudah. Sehingga kamu jadi tahu informasi tentang umur shutter. Mau tahu? Klik di sini untuk selengkapnya!

Ada banyak cara mengetahui shutter count kamera DSLR. Bagi kamu yang tidak tahu apa itu shutter count pada kamera DSLR, shutter count adalah hitungan jumlah penggunaan shutter yang telah dicapai oleh sebuah kamera. Satu kali kita mengambil gambar dengan mode normal, maka ini dihitung sebagai satu kali shutter count.

Manfaat Mengetahui Shutter Count

Mengetahui jumlah shutter count sangat bermanfaat untuk kamu. Setidaknya ada dua manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengetahuinya.

1. Mengetahui Umur Shutter

Benar, dengan tahu angka shutter count, kamu bisa dengan persis tahu seberapa umur shutter kameramu. Ingat, ini umur shutter berbeda dengan umur kamera. Kalau shutternya rusak, kamera tidak bisa berfungsi dengan baik. Shutter count bisa dibayangkan sebagai total kilometer pada mobil. Semakin besar angkanya, berarti semakin jauh mobil tersebut berjalan.

Begitu juga dengan shutter count. Semakin besar angkanya, semakin bagian kamera ini mendekati batas maksimal dari penggunaan shutter. Berapa sih, batas tertinggi shutter count di kamera DSLR? Angkanya bervariasi. Namun bila dipukul rata, maka shutter count maksimal mereka berada di kisaran 100.000 kali.

2. Menjadi Informasi Berharga Saat Akan Membeli Kamera Bekas

Informasi tentang jumlah shutter count ini bisa menjadi senjata kita saat berburu kamera bekas. Jadi, misalnya saat menemukan shutter count kamera bekas tersebut sebesar 50.000-an, padahal rata-rata shutter count maksimal berada di angkat 100.000 kali, berarti umur shutter tersebut tinggal separuhnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang akan terjadi kalau kamera milikmu mencapai batas maksimum shutter count? Jika shutter count sudah habis, maka secara teori bagian shutter di dalam kamera sudah tidak berfungsi dengan baik. Atau bisa dikatakan aus. Meski demikian, dari beberapa forum fotografi di dapatkan data yang cukup mengejutkan.

Sebelum shutter count mencapai angka maksimal, banyak kamera yang mengalami penurunan kualitas foto. Sehingga, jika kamera milikmu shutter countnya sudah mendekati angka maksimal, sebaiknya bersiap untuk mengganti dengan yang baru agar gambar yang kamu capture tidak turun kualitasnya.

Cara Mengetahui Shutter Count pada Kamera DSLR

Ini yang kamu tunggu-tunggu. Cara mengetahui shutter count sebenarnya tidak sulit. Hanya memerlukan sedikit waktu. Prosesnya juga gratis alias tidak berbayar. Berikut beberapa cara untuk mengetahuinya.

1. Memakai Exif Viewer Online

Exif Viewer yakni program berbasis web yang bisa kamu gunakan untuk membaca data dari file RAW. Sekilas tidak nyambung, namun di dalam file RAW tersebut ada shutter count. Cara sederhana ini bisa kamu lakukan dengan cara membuka beberapa website seperti ini:

http://regex.info/exif.cgi (gratis)

http://eoscount.com/  (berbayar)

http://nikonshuttercount.com/ (gratis)

http://camerashutter.com/  (gratis)

http://shuttercounter.com/  (gratis)

2. Memakai Exif Viewer Desktop

Kebalikan dengan poin pertama, dengan program ini, kamu bisa mengetahui shutter count tanpa terhubung dengan internet. Namun sebelum bisa menggunakannya, kamu mesti mengunduh softwarenya dulu. Berikut adalah beberapa website di mana kamu bisa mendapatkan Exif Viewer versi desktop.

http://www.ideiki.com/astro/ (untuk Windows – gratis)

http://www.astrojargon.net/EOSInfo.aspx (untuk Windows – gratis)

http://www.opanda.com/en/iexif/ ( untuk Windows – gratis )

http://www.cocoawithchurros.com/iexifer.php ( untuk Mac – berbayar )

3. Memakai Exif Viewer di gawai Android

Sama dengan exif viewer poin kedua, namun untuk yang ini, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu dari google play.

Cara Lain Mengetahui Shutter Count pada Kamera Canon

Bila kamu kurang puas dengan menggunakan software 3rd party dan lebih prefer ke software bawaan, kami akan menjelaskan sebuah  cara untuk mengetahuinya. Berikut adalah langkah-langkah mengetahui shutter count Canon.

  1. Sebelumnya, install EOS Utility ke dalam komputer
  2. Pastikan kamera mati
  3. Berikan jeda waktu lima belas detik untuk memastikan kamera kamu benar-benar sudah mati
  4. Sambungkan kamera ke komputer atau laptop dengan kabel USB
  5. Hidupkan kembali kameranya
  6. Buka program Canon EOS Camera
  7. Data kamera kamu akan nampak di layar komputer, termasuk di dalamnya adalah shutter count.

Kesimpulan

Bagaimana, mudah bukan cara mengetahui shutter count kamera DSLR? Untuk kamu yang baru saja belajar kamera, jangan patah arang ya. Terus belajar dan berjuang agar menjadi fotografer yang lebih baik. Kalau kamu butuh rental kamera, iframerental.com selalu menyediakan kamera untuk segala keperluan kamu.

Blog Lainnya