IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Cara Memotret Objek Bergerak dengan Kamera DSLR Pasti Sukses

Berisikan informasi tentang cara memotret objek bergerak dengan kamera DSLR. Ada empat cara yang direkomendasikan untuk hasil foto memuaskan tanpa blur atau tidak fokus.

Pernahkah kamu memotret sebuah objek bergerak lalu hasilnya buram? Padahal menurutmu pengaturan kamera DSLR yang dilakukan sudah sangat tepat. Jangan cepat menyerah, coba cara memotret objek bergerak dengan kamera DSLR berikut ini. Dijamin hasil fotomu akan lebih bagus dan pastinya tidak lagi buram.

Di dunia fotografi, sebenarnya ada ilmu khusus untuk membuat seseorang mahir memotret objek bergerak, namanya panning. Untuk yang belajar secara otodidak, biasanya memanfaatkan event olahraga untuk mengasah kemampuan. Kamera yang biasa dipakai untuk menghasilkan jenis foto ini adalah DSLR, yang memang punya berbagai fitur pendukung yang lengkap.

Objek Bergerak Jadi Indah dengan Cara Ini

Ada empat cara bisa dilakukan untuk menghasilkan foto terbaik dari objek bergerak. Bisa menggunakan fitur yang ada pada kamera DSLR kamu, atau alat tambahan. Kamu bisa pilih salah satu atau dua di antaranya untuk hasil yang maksimal.

1. Gunakan Tripod

Inti dari pengambilan gambar bergerak adalah kamera DSLR yang digunakan tidak boleh goyang alias harus stabil maksimal. Cara memotret objek bergerak dengan kamera HP atau kamera DSLR bisa dengan menggunakan tripod atau monopod saat memotretnya, sehingga kondisi kamera benar-benar stabil.

Kebanyakan fotografer atau pencinta fotografi menilai bahwa tripod atau monopod, yang merupakan alat bantu tegak kamera agal stabil itu hanya menyusahkan. Tapi setelah tahu kegunaannya ini, ada baiknya selalu membawanya, siapa tahu tiba-tiba kamu mendapatkan objek bergerak yang fantastis.

2. Pakai Fitur Shutter Speed, ISO, dan Aperture

Dalam fotografi ada yang namanya segitiga eksposur, yaitu keseimbangan antara shutter speed, ISO dan aperture. Ketiganya berfungsi untuk memastikan berapa jumlah cahaya yang masuk pada sensor gambar saat memotret sebuah gambar. Shutter speed adalah kecepatan atau lamanya sensor kamera menangkap cahaya.

Aperture adalah ukuran diafragma lensa yang terbuka saat memotret, dengan kode f. ISO adalah sensitivitas dari sensor kamera pada cahaya. Untuk mendapatkan objek bergerak yang jernih, cara memotret objek bergerak dengan kamera DSLR dengan tiga komponen ini adalah atur shutter speed di ukuran 1/2000-1/8000, aperture f/1.4, 1.8, atau 2.8. dan ISO sesuai cahaya.

3. Pakai Mode Continuous Speed

Kamu juga bisa ocba menggunakan mode continuous speed, yaitu mode pengambilan gambar lebih dari satu pada tiap shutter atau memotret. Beda tipe kamera DSLR akan beda pula mode continuous speednya, ada yang bisa 10 jepret dalam sekali pencet tombol potret, ada yang lebih dari itu.

Dengan menggunakan mode ini kamu bisa mendapatkan hasil objek bergerak yang lebih maksimal dengan memilih hasil jepretan terbaik. continues speed ini juga sering dijadikan cara memotret objek bergerak dengan kamera mirrorless agar gambar yang dihasilkan juga tidak blur atau kabur.

4. Pakai Mode Auto Fokus

Auto fokus akan membantu proses identifikasi objek utama foto menjadi lebih tajam dan jelas. Kalau menurutmu pakai tripod atau cara lain di atas kurang familiar, coba saja mode yang satu ini, maka hasil jepretanmu akan terlihat lebih berkelas dan berkualitas tanpa kesan bias atau tidak jelas.

Selain tersedia pada kamera DSLR, auto fokus juga terdapat pada sejumlah ponsel pintar berbagai merek. Makanya sering juga dijadikan cara memotret objek bergerak dengan kamera HP Xiaomi  atau berbagai merek lainnya, karena hasilnya lumayan memuaskan.

Mengapa Harus Pakai Kamera DSLR?

Dari banyak jenis kamera yang sering digunakan oleh pecinta fotografi, DSLR jadi favorit karena beberapa alasan. Pertama karena fiturnya yang lebih lengkap jika dibandingkan kamera lain, apalagi untuk membidik objek yang bergerak. Semakin tinggi seri dari kamera DSLR akan semakin sempurna fitur yang dimilikinya.

Kedua adalah karena kamera ini lebih kokoh dan memiliki rangka yang mudah digenggam, sehingga membuat proses memotret objek bergerak menjadi lebih mudah. Selain itu kemungkinan berhasilnya juga akan lebih tinggi daripada penggunaan kamera jenis lain. Ketiga adalah karena harganya relatif terjangkau untuk semua kalangan, dari anak sekolah hingga pecinta fotografi.

Kalau kamu mau mencoba memotret benda bergerak dengan hasil maksimal, memang sebaiknya pakai kamera DSLR. Kamu bisa membeli langsung di toko penjualan kamera, atau menyewanya dengan harga bersaing. Salah satu tempat penyewaan yang bisa jadi pilihanmu adalah IFrame Rental yang menyediakan berbagai jenis kamera DSLR sesuai kebutuhan.

IFrame Rental saat ini sudah memiliki beberapa cabang di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu di Palagan, Jogokariyan dan Kusumanegara. Kamu tinggal pilih mana kamera yang menurutmu bagus dan fiturnya lengkap, lalu terapkanlah salah satu cara memotret objek bergerak dengan kamera DSLR di atas dan lihatlah hasilnya!