IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Cara Cek Jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR Dengan Benar

Jumlah SC (Shutter Count) pada kamera sangat penting untuk diketahui. Karena terdapat beberapa manfaat, di antaranya bisa mengetahui seberapa sering menggunakan kamera, usia kamera tersebut dan lain sebagainya.

Bagi seorang fotografer atau seseorang yang menyukai dunia fotografi, wajib mengetahui cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR, karena hal tersebut memiliki banyak kegunaan yang sangat penting. 

Dengan mengetahui jumlah SC (Shutter Count) kamera DSLR, kamu bisa mengetahui seberapa sering menggunakan kamera untuk mengambil gambar atau memotret foto. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui usia dari kamera yang kamu miliki, sehingga sangat bermanfaat untuk melihat kondisi kamera tersebut.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu harus memahami pengertian SC (Shutter Count) pada kamera DSLR, yaitu jumlah berapa banyak tombol rana/ Shutter button yang ditekan atau biasa disebut dengan jumlah banyaknya foto yang didapat dari kamera. 

Ketika kamu ingin membeli kamera bekas atau baru, jangan lupa melihat shutter count untuk memperkirakan umur kamera, sehingga kamu bisa mempertimbangkannya dengan baik.

Cara Cek Jumlah SC (Shutter Count) Kamera DSLR

Bagi seorang fotografer, informasi yang ada dalam Shutter Count sangatlah penting. Namun, ada beberapa langkah untuk mengecek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera yang kamu miliki, langkah tersebut berbeda-beda sesuai dengan jenis kamera, berikut beberapa di antaranya:

Cara Cek Jumlah Shutter Count di Kamera Canon

Ada beberapa langkah yang harus kamu ketahui untuk mengetahui cara cek shutter count yang ada pada jenis kamera Canon, seperti berikut ini,

  1. Bagi para pemilik kamera Canon, kamu bisa mengecek jumlah SC dengan memastikan kamera tersebut mati secara total atau off.
  2. Setelah kamera dimatikan, tunggu hingga waktu 15 detik, setelah itu manfaatkanlah kabel USB untuk menyambungkan perangkat kamera dengan perangkat komputer.
  3. Kamu perlu memastikan dengan baik agar kamera tersebut tersambung ke dalam perangkat komputer dengan benar, setelah itu hidupkan kembali kamera yang kamu miliki.
  4. Untuk mengecek jumlah SC pada kamera Canon, sebaiknya tutup aplikasi EOS utility. Sehingga sangat disarankan untuk menginstal terlebih dahulu program aplikasi EOS utility pada software.
  5. Setelah itu, kamu bisa menggunakan aplikasi Canon EOS Camera Info v1.2. Namun sebelumnya kamu juga harus menunggu beberapa waktu hingga data SC dalam kamera kembali muncul pada perangkat komputer. Jangan lupa untuk memeriksa dan cek kembali jumlah shutter count yang ada pada kamera.
  6. Setelah berhasil mengetahui jumlah data SC (Shutter Count) pada kamera, kamu bisa kembali mematikan kamera Canon, lalu memencet tombol OK jika muncul pada windows success.

Langkah-langkah Cek Jumlah Shutter Count Jenis Kamera Nikon

Ada sedikit perbedaan untuk mengecek jumlah shutter count pada jenis kamera DSLR Nikon dengan mengeceknya di jenis kamera Canon, Berikut ini beberapa langkahnya:

  1. Pertama-tama kamu harus berkunjung menuju situs camerashuttercount.com. Hal tersebut dikarenakan pengecekan jumlah shutter count pada jenis kamera Nikon dilakukan secara online.
  2. Setelah berhasil masuk ke dalam situs, kamu bisa mengunggah hasil pemotretan foto yang ada pada kamera dalam situs tersebut. Kamu hanya perlu mengunggah foto menggunakan smartphone saja.
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak notifikasi mengenai kamera Shutter count, setelah itu kami melihat beberapa apa jumlah shutter count tergantung dengan jenis kamera yang kamu gunakan
  4. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, kamu bisa mengecek jumlah shutter count pada kamera Nikon bersama.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan, ketika kamu mengetahui jumlah shutter count pada kamera DSLR. Selain untuk memprediksi kinerja kamera, kamu juga akan terhindar dari kasus penipuan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab. Kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah dengan mudah, gratis, simpel, dan gampang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jumlah SC (Shutter Count) pada beberapa jenis kamera DSLR yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan teknik yang benar. 

Meskipun setiap jenis kamera DSLR yang kamu miliki berbeda satu sama lain, namun kamu bisa mencari tahu cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk membeli kamera DSLR. Selain itu, kamu juga bisa menyewa rental kamera IFrame dengan mudah, terlebih saat ini rental kamera tersebut sudah membuka tiga cabang, yaitu di Palagon (pusat), Jogokariyan, Kusumanegara.