IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Begini Cara Setting Kamera Mirrorless Biar Hasilnya Bagus

Cara Setting Kamera Mirrorless

 

Bagi kamu yang suka memotret dan memiliki impian menjadi seorang fotografi, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya kamera mirrorless. Apa, sih, itu? Kamera mirrorless adalah kamera digital yang banyak diminati karena memiliki berbagai keunggulan dalam segi fiturnya sehingga kualitas yang dihasilkan pun tidak main-main.

Ada beberapa merek kamera mirrorless yang menjadi pilihan dan terpopuler, seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan Panasonic. Tentunya setiap merek memiliki keunggulannya masing-masing.

Ada beberapa alasan kenapa kamu yang ingin atau sudah bekerja di bidang fotografi harus menggunakan kamera mirrorless. Pertama, dari segi kualitas gambar. Gambar yang dihasilkan dari kamera ini akan tampak lebih nyata, hidup, dan bersih. Kedua, kamu tidak akan kerepotan saat ingin memindahkan foto yang ada di kamera ke smartphone karena kamera mirrorless sudah dilengkapi fitur Bluetooth, WIFI, dan NFC.

Ketiga, kamera ini juga cocok bagi kamu yang suka vlog. Desainnya ringkas dan layar yang bisa diputar memudahkan kamu dalam membuat video. Harga kamera ini juga bersahabat.

Lalu, bagaimana cara setting kamera mirrorless agar lebih maksimal? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Menggunakan ISO

Dalam kamera mirrorless, ISO adalah salah satu setting yang paling cocok dipakai untuk mengatur pencahayaan pada saat pengambilan gambar. Jika kamu ingin memotret di tempat yang terbuka atau pada siang hari, kamu harus memilih ISO yang rendah sehingga cahaya tidak akan mengganggu sebuah gambar.

Biasanya nilai ISO yang dipilih adalah 100. Kamu bisa mengatur ISO sendiri jika kamu merasa kurang pas. Adanya pengaturan ISO membantu kamu dalam mengontrol cahaya yang sensitif. Semakin rendah nilai ISO, semakin kurang cahaya yang masuk dalam kamera.

Menggunakan Fill Flash

Biasanya kebanyakan orang tidak suka jika memakai flash pada kamera baik kamera smartphone maupun kamera mirrorless. Namun, cara setting kamera mirrorless ini ternyata membantu kamera dalam menerangi objek yang gelap akibat membelakangi cahaya. Nyatanya, cara ini menghasilkan gambar yang lebih menarik. Kamu hanya perlu mengubah pengaturan ke dalam fill flash sehingga kamera tidak akan mengeluarkan banyak cahaya.

Meningkatkan Shutter Speed

Tujuan menggunakan setting ini adalah menghindari cahaya yang berlebih. Objek pada siang hari memang terlihat lebih menarik. Namun, jika cahaya menghalangi kamera mirrorless kamu, hasilnya pun tak maksimal.

Solusinya adalah dengan meningkatkan shutter speed. Bisa juga dengan menurunkan aperture. Dengan meningkatkan shutter speed dari 1/1000 hingga 1/5000 maka hasil yang didapatkan semakin terbaik. Tak perlu lagi khawatir mengambil gambar di siang hari.

Itulah cara setting kamera mirrorless yang bisa kamu coba. Yuk, ciptakan gambar yang nyata dengan kamera mirrorless.