IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Begini Cara Foto Bokeh dengan Lensa Kit 18-55 mm

Efek Bokeh merupakan kata yang digunakan oleh seorang fotografer untuk menggambarkan efek ‘blur’ dalam sebuah foto yang keluar dari titik fokus, yang sering digunakan untuk memberikan efek lebih hidup pada sebuah foto. Efek bokeh sendiri digunakan untuk membuat seolah-olah latar belakang suatu objek menjadi blur. Efek ini bisa menjadikan kesan latar belakang gambar yang halus serta lebih indah.

Saat kalian ingin memotret foto bokeh dengan lensa kit 18-55mm, tentunya ada beberapa faktor yang harus kalian perhatikan. Tapi, tenang saja, kalian tidak perlu patah semangat, yang paling penting adalah kalian harus mengatur dengan tepat aperture, focal length, penempatan objek yang erat kaitannya dengan latar belakang serta penempatan objek yang berhubungan langsung dengan kamera, serta beberapa hal lainnya. Berikut pembahasannya:

APERTURE

Aperture dan Focal Length adalah hal yang paling sering di ulas saat orang membicarakan mengenai efek bokeh. Oleh karenanya, kita akan membahas aperture terlebih dahulu. Aperture sendiri adalah bukaan diafragma lensa yang akan mengatur banyaknya jumlah cahaya yang kalian peroleh dan nantinya akan masuk ke dalam lensa kit. Untuk mendapatkan efek bokeh, aturlah aperture kalian pada bukaan paling kecil, sehingga cahaya yang kalian da0atkan unuk masuk kedalam lensa lebih banyak jumlahnya.

Jauhkan Latar Belakang dengan Objek

Semakin jauh latar belakang kalian dengan objek tujuan, maka peluang mendapatkan foto bokeh dengan pensa kit 18-55mm semakin besar. Sebisa mungkin jauhkan objek tujuan dari latar belakang. Jika kalian memotret dengan dilatar belakangi benda mati atau tidak bergerak, maka arahkan lensa lebih dekat dengan objek. Apalagi jika yang kalian gunakan dalah lensa kit dengan sedikit pencahayaan. Maka cara-cara tersebut bisa menjadi solusi bagi hasil potret kalian.

Perhatikan Latar Depan dan Siluet

Setelah tahapan-tahapan secara teknis sudah kalian kuasai, maka teknik mem 'bokeh' kan foto dapat kalian gunakan dalam semua objek tujuan kalian. Cobalah menerapkan pada latar belakang objek yang memiliki alternatif focal point latar depan foto tersebut. Lagi-lagi caranya sama seperti latar belakang. Tempatkan objek dengan latar depan sejauh mungkin terhadap cahaya dilatar belakang. Cara ini terbukti ampuh untuk menangkap gambar seperti siluet maupun bayangan. Perhatikan cahaya yang dihasilkan akan sangat kontras pada cahaya lembut dilatar belakang.

Perhatikan Rentang Jarak (Depth of Field)

Untuk mendapatkan foto bokeh dengan lensa kit 18-55mm, pastikan kalian mengambil jarak yang sedikit jauh dari sumber cahaya dan jangan lupa untuk memastikan juga kalian sudah mengaktifkan efek fokus manual pada kamera tersebut. Kemudian tempatkanlah objek bidikan kalian sedekat mungkin oada lensa maka otomatis latar belakang dari hasil bidikan tersebut akan mendapatkan efek blur yang menakjubkan.

Bagaimana? Sudah tahu bukan cara menggunakan lensa kit agar mendapatkan foto bokeh dengan lensa kit 18-55mm yang indah dan menakjubkan? Teknik-teknik tersebut cukup mudah dipelajari pula oleh pemula. So, selamat mencoba.

Blog Lainnya