IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Baca Tips Fotografi Malam agar Foto Tetap Berkualitas

Bagi Anda yang ingin menjadi fotografer handal, wajib mencoba mengaplikasikan tips fotografi malam terbaik berikut ini.

Banyak orang mulai menggilai hobi fotografi yang bisa menghasilkan pundi rupiah dewasa ini. Ya, banyak sekali jasa fotografi yang dibutuhkan untuk momen prewedding hingga kuliner. Buat Anda yang tertarik terjun ke dunia fotografi, wajib memiliki kamera DSLR sebagai peralatan fotografi yang memadai. Ternyata memakai kamera DSLR buat foto malam hari pun, hasilnya bisa jelek lho! Kok bisa? Anda bisa mempraktikkan tips fotografi malam agar hasil bisa maksimal berikut ini.

 

Atur Aperture pada angka yang paling tajam

Langkah pertama yang wajib Anda praktikkan adalah mengatur Aperture pada angka yang paling tajam. Hal ini berfungsi untuk menghindari blur dengan mengatur diafragma pada dua jarak stop bukaan Aperture terlebar.
Mengatur white balance

Kalau Anda ingin memotret area yang memiliki banyak cahaya atau lampu, wajib mengatur white balance pada rentang 3000-7000k saja. Hal ini akan membuat jepretan Anda jelas dan indah saat malam hari.

 

Mengatur setting ISO pada level terendah

Tips fotografi malam hari agar jepretan tidak blur adalah atus setting ISO pada level terindah kamera DSLR. Menaikkan ISO pada kamera akan mengurangi ketajaman objek yang hendak dipotret.

 

Pakai focal length pendek

Focal length pendek akan membuat hasil foto lebih tajam tanpa blur dibandingkan dengan focal length panjang. Meski mengubah focal length pendek akan membuat Anda perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk hasil jepretan yang memiliki komposisi maksimal.

 

Gunakan lensa wide angle

Tips fotografi malam hari yang bisa mengurangi efek flare adalah menggunakan lensa wide angle yang akan membuat sudut pandang lebih lebar.

5 tips fotografi malam hari di atas bisa Anda coba sendiri untuk menghasilkan foto yang luar biasa. Selain itu, penting sekali belajar mengenai komposisi objek yang hendak dibidik saat malam hari. Anda juga harus menggunakan format RAW yang lebih kaya warna dibandingkan format JPEG. Ya, meskipun format RAW ini akan membuat memori kamera Anda lebih banyak terkuras. Ingin jadi fotografer handal? Yuk, belajar mengaplikasikan tips bermanfaat di atas demi kualitas foto yang maksimal!