IframeRENTAL berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

4 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Jika Kamu Bekerja dalam Industri Kreatif

Soft Skill adalah hal yang harus dimiliki setiap orang terutama dizaman sekarang. Soft skill merupakan kemempuan individu berhubungan dengan orang lain sebagai contoh kemampuan negosiasi, komunikasi dan lain sebagainya. Kemampuan ini sangat di buthkan di berbagai sektor pekerjaan seperti Industri Kreatif. Bergelut dengan ide ide baru tentunya merupakan tekanan khusus yang dimiliki para pekerja industri kreatif. Hal ini menyebabkan kamu harus mengasah soft skill khusus agar bisa bertahan dalam indutri tersebut.Penasaran apa aja soft skillnya? Langsung simak pemabahasan di bawah ini.

 

1 Design Thinking

            Pertama adalah Skil Design Thingking. Ide, ide dan ide itulah tuntutan yang wajib dipenuhi oleh pekerja pada sector industri kreatif. Inovasi dan kreatifitas menjadi salah satu senjata utama bagi pekerja industri ini.  Design Thinking merupakan sebuah metode penyelesaian masalah berbasis penggunaanya. Singkatnya sih metode ini adalah metode yang memenuhi kebutuhan pengguna atas masalah yang dialaminya. Design Thinking Memiliki 5 tahapan yaitu Empati(pahami kebutuhan pengguna), Temukan Masalah,  Buat Ide, Prototipe, Tes.

  1. Mental Elacitiy

            Terpaku pada satu sudut pandang adalah hal yang membuat kamu sulit untuk berkembang. Mental Elasticity adalah kemampuan untuk mengubah pola fikir dan melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Soft skill ini sangat penting dimiliki oleh pekerja industry kreatif.  Melalui soft skill ini, kamu dapat berdapatasi dengan tantangan baru sekaligus perubahan yang ada. Otak akan dilatih untuk lebih fleksibel dimana kamu dapat berfikir secara luas.

  1. Stress Management

            Jika hard skill udah dimiliki percuma dong kalau kamu gak punya mental Tangguh. Tau sendiri dalam industry kreatif kritik pedas, hujatan, bahkan tekanan sering sekali datang tanpa di undang. Hal ini smecam rutinitas yang dilakukan oleh para pekerja di industri ini. Berbagai kendala semacam ini menjadi kan stress bagi Sebagian besar orang. Sehubungan dengan hal itu perlu kiranya ada soft skill untuk mengelola stress dan penyab terjadinya stress itu sendiri. Manajemen stress adalah kemampuan untuk mengelola stress dan faktor faktor yang dapat memicu tejadinya stress.  Dengan menguasai skill ini kamu dapat meminimalisir terjadinya stress.

  1. Emotional Intelegent

            Kecerdasan Emosional meupakan soft skill untuk mengandalikan emosi. Pengendalian emosi merupakan faktor ssangat penting. Terlebih jika kita bertemu dengan client sebagi contoh jika client mengkritik dengan kritikan yang pedas kita dituntut untuk menghargai kritikan tersebut dan tetap tenang dalam situasi itu. Tolak ukur dari kecerdasan emosional sendiri adalah EQ (Emotional Quetient).

 

Blog Lainnya